twitter


      Keberagaman agama di dunia jangan sampai membuat kehancuran dan perperangan diantara kita. Karna keberagaman itu indah perlu dinikmati dan dirasakan dengan baik. Macam-macam agama yang kita ketahui diantaranya agama islam, budha, hindu, kong hucu, dan kristen.
 
AGAMA ISLAM
Kitab suci   : Al Qur'an
Pembawa    : Muhammad S.A.W
Basisi umat : Terutama di Timur Tengah, Asia, Afrika, Asia Tenggara

        Kata "Islam" berasal dari bahasa Arab yang artinya berserah diri kepada Allah S.W.T, Allah menunjukkan Muhammad S.A.W, yang dilahirkan di Mekkah pada tahun 571 sesudah masehi untuk menyampaikan ajaran Islam. Nabi Muhammad S.A.W adalah keturunan Ibrahim, pembawa agama Samawi. Muhammad S.A.W menerima wahyu Allah yang kemudian dikumpulkan dalam satu kitab yang diberi nama Al Qur'an. Didalam kitab Al Qur'an terhimpun risalah berupa larangan dan perintah serta ajara-ajaran ibadah. Untuk melaksanakannya Muhammad S.A.W memberikan petunjuk dan praktek perbuatan peribadatannya. Petunjuk Muhammad S.A.W inilah kemudian dihimpun dalam suatu buku petunjuk yang dikenal sebagai "hadist. 
         Keimanan yang utama dalam agama Islam adalah kesaksian bahwa tiada Tuhan selain Allah dan bahwa Nabi Muhammad adalah utusanNya. Selain itu dalam agama Islam juga terdapat Rukun Islam sebagai syarat keabsahan keislaman seseorang yang terdiri dari : mengucapkan dua kalimat syahadat, mendirikan shalat lima waktu, puasa di bulan suci Ramadhan, membayar zakat dan bila mampu melaksanakan ibadah haji ke Mekkah. 

AGAMA BUDHA  
Kitab Suci : Tri Pitaka
Pembawa   : Sidharta Gautama 

         Agama budha mengajarkan kehidupan dalam kesedihan dan penderitaan merupakan jalan tengah antara perjuangan dan pemikiran batin yang mendalam. Sistem etisnya didasarkan pada perhatian dan pemikiran penderitaan orang lain dan menyingkirkan keinginan-keinginan diri sendiri. Sistem ketuhanannya mengenal reinkarnasi (penjelmaan), yaitu kelahiran kembali seseorang melalui perjalanan ruhnya. Tujuan hidup dalam agama Budha adalah untuk mencapai nirwana atau surga, dengan penuh kebahagiaan meninggalkan dunia karena dengan demikian reinkarnasi dapat dilakukan.

AGAMA HINDU
Kitab Suci : Weda
Pembawa  :  -

         Agama Hindu adalah agama mayoritas di India. Mengajarkan adanya kekuasaan Tuhan pada segala sesuatu. Menurut agama Hindu, Tuhan mewujudkan diri dalam berbagai sifat yang mewakili segala aspek kehidupan nyata. Misalnya : Syiwa, dewa pencipta sekaligus sebagai penari dengan 4 tangan: Brahma, dewa pencipta, Wisnu, biasanya digambarkan tidur dan memimpikan dunia, dianggap sedang menjaga kelangsungan dunia, Kali, dewi kematian, penyakit dan kekacauan dan Krisna, dewa cinta. 
          Menjadi penganut agama Hindu dengan sendirinya menjadi seseorang warga suatu kasta tertentu. Hindu percaya bahwa kastanya (tingkat sosial yang ditentukan oleh sikapnya) merupakan karma dalam kehidupannya sekarang. Jika ia hidup dalam kebaikan, maka ia akan dilahirkan kembali dalam kasta yang lebih baik Jika ruhnya dapat mencapai kesempurnaan, maka selamatlah ia dari kelahiran kembali dan kematian yang terus berulang. 

AGAMA KOH HU CU
Kitab Suci : Susi dan Ngokeng
Pembawa  : Kong Hu Cu

          Kong Hu Cu sesungguhnya adalah suatu lembaga etika dan dapat dianggap agama karena perlunya pengorbanan-pengorbanan kepada dewa dan nenek moyang. Meskipun demikian Kong Hu Cu tidak membatasi diri pada suatu bentuk Ketuhanan yang formal. Penganut Kong Hu Cu umumnya hidup dalam lima hukum moral utama, yaitu : Kebaikan, Kejujuran, Kewajaran Sikap, Kebijaksanaan, dan Kelurusan.  Kog Hu Cu mengajarkan bahwa etika yang utama adalah mengasihi orang lain, dan salah satu konsep ajaran utamanya adalah "Perlakukanlah orang yang lebih rendah/lemah dengan baik".
          Dasar-dasar ajaran Kong Hu Cu berasal dari Analekta Kong Hu Cu dan tulisan-tulisan Mencius, orang bijaksana pada abad ke-4 sebelum Masehi. Kong Hu Cu adalah filsuf terkemuka di Cina.

AGAMA KRISTEN
Kitab Suci : Injil
Pembawa  : Isa/Yesus Kritus

           Sebagai kelanjutan tradisi Yahudi, agama Kristen dengan Yesus dari Nazareth yang hidup antara tahun 5 sebelum Masehi hingga tahun 30 sesudah Masehi. Agama Kristen percaya bahwa Yesus adalah anak tuhan, dan bahwa ia datang untuk menyelamatkan dunia, kemudian ia disalib, dan bahwa ia diangkat dan akan datang lagi pada hari akhir dunia mengadili manusia. Perintah Yesus yang utama adalah percaya kepada Tuhan dan mencintaiNya, dan mencintai orang lain seperti halnya kita mencintai diri sendiri. 
           Dasar agama Kristen adalaj Kitab perjanjian Baru yang berisi tentang kehidupan dan ajaran-ajaran Yesus Kritus, dan hal-hal yang telah dilakukan oleh para penganut awalnya, terutama Paulus.
Agama Kristen terbesar adalah Gereja Katolik Roma, yang berpusat dan dibawah pimpinan Paus, kepala agama di Roma. Gereja-gereja protestan adalah hasil reformasi pada tahun1500an. Kata "Protestan" berasal dari kata "Protestatio" yang pertama kali digunakan oleh pemerintah Luther di Tahta Suci Roma yang menentang tekanan lembaga Speyer. Nama protestan akhirnya ditujukan untuk semua yang menentang kekuasaan Paus.


0 komentar:

Posting Komentar