twitter


        Sekarang masih kisah seputar masa SMA kelas XI juga sob.... Disini saya akan bercerita gimana usaha kami dalam lomba pagelaran antara kelas XI. Begitu kerasnya perjuangan kami sob dalam perlombaan kali ini. Selamat membaca ya........



         Sudah menjadi tradisi di sekolah kami sob mengadakan acara perlombaan pagelaran antar kelas XI. Sebenarnya acara ini bukan hanya sekedar acara-acaraan semata sob, ini merupakan salah satu pelajaran bidang studi yang harus kami jalani yaitu bidang studi Kesenian. Namun materi awalnya pastinya teori dahulu sob, kami mempelajari bagaimana simbol-simbol dalam nada, ketukan dalam nada, pokoknya segala macam teori dasar mengenai nada sob. Kemudian pelajaran berikutnya kami belajar memainkan alat musik seruling dan pianika. Dan pada saat pelajaran selanjutnya ibu guru memberikan tugas untuk para murid untuk mengeluarkan bakat seninya yang bakal ditampilkan dalam acara pagelaran khusus tingkat XI. Acara pagelaran merupakan acara perlombaan seni antar kelas XI. Perlombaan akan dinilai oleh beberapa guru dari sekolah kami dan beberapa orang guru sekolah tetangga. Pada acara ini kami bukan hanya berlomba untuk menjadi pemenang, tapi acara tersebut juga sebagai pengambilan nilai ujian bidang studi kesenian akhir tingkat 2 dan bukan hanya itu setelah perlombaan maka kami yang telah tampil di acara pagelaran tersebut akan menjadi pengisi dalam acara perpisahan kakak senior yang bakal diakan nantinya. Setelah ibu guru memberikan penjelasannya maka beliau meminta kami untuk membagi kelompok. Setelah kami berbagi kelompok maka terdapattlah 7 kelompok, diantaranya 2 kelompok tari, 2 kelompok grub band cewek/cowok, 1 kelompok paduan suara, 1 kelompok musik tradisional berkalaborasi dengan musik band, dan (yang wajib diikuti ) terakhir kelompok satu kelas menampilkan permainan alat musik pianika, seruling, drum, gitar dan bass.
           Kelompok sudah ditentukan maka saatnya kami melakukan latihan. Latihan terus kami lakukan selama 3 bulan lebih karena waktu yang diberikan selama 4 bulan. Sekolah tetap berjalan seperti biasa dan latihan kami pun tetap berjalan seperti biasanya. Dan saya tergabung dalam kelompok seni tari kipas dan grub band cewek sebagai pemegang keyboard, dan dalam tugas wajib juga harus dipikirkan yaitu kelompok permainan musik satu kelas, dalam kegiatan ini aku memainkan alat musik pianika.
          Pembagian jadwal latihan kami bagi dengan bijak agar tidak terbentur, untuk jadawal latihan menari maka segera pergi latihan ke sanggar tari, dan pada saat latihan band kami pun pergi ke studio musik untuk latihan, sedangkan latihan permainan musik satu kelas kami laksanakan di sekolah. Selama 3 bulan penuh kami jalani aktivitas yang benar-benar menyibukkan, bukan hanya tugas dari bidang studi lainnya yang terus menumpuk. Sudah selama 3 bulan lebih 3 minggu dan hampir mendekati hari perlombaan, kami segera berkumpul untuk menyatukan latihan-latihan yang selama ini diikuti. Tatanan acara untuk kelas segera disusun, pembawa acara sudah dibentuk satu cewek satu cowok, dan selama 1 minggu menuju perlombaan kami melaksanakan latihan secara bersama di sekolah untuk menyatukan penampilan-penampilan yang bakal di persembahkan. Pagi sampai siang pukul 2 kami belajar di sekolah, sedangkan jam 3 kami mulai star untuk latihan disekolah sampai jam 6 sore. Aktivitas itu kami lakukan selama 5 hari penuh, dan 2 hari sisanya kami sengaja untuk tidak melaksanakan latihan lagi untuk menyiapkan stamina dalam perlombaan nanti.
          Akhirnya hari-hari yang kami tunggu-tunggu telah datang, perlombaan segera dimulai. Para dewan juri telah duduk di tempat yang sudah disediakan dan para penonton adik-adik kelas serta senior telah siap menyaksikan pertunjukan kesenian dari kami. Tiap-tiap kelas telah menampilkan aksinya, tibalah saatnya penampilan dari kelas kami. Tiap-tiap kami manampilkan dengan sebaiknya yang kami bisa. Tibalah diujung waktu acara, dimana saat yang ditunggu-tunggu. Kami merasa degdegan serta harap-harap cemas. Kami berharap 7 kelompok yang telah kami tampilkan setidak nya 4 kelompok menjadi juara pertama karena dengan begitu kami akan menjadi juara umumnya. Ternyata apa yang kami lakukan selama ini bukanlah pekerjaan yang sia-sia, apa yang kami harapkan menjadi kenyataan. Kami yang terdiri dari 7 kelompok 4 kelompok diantaranya berhasil menjadi juara pertama, yaitu grup tari cewek (sayangnya bukan kelompok tari ku tapi kelompok tari yang satunya lagi), grup band cowok, perpaduan alat musik tradisional dan alat musik band, dan perpaduan musik kelas kami juga berhasil menjadi pemenangnya sob, walaupun kelompok tari ku tidak berhasil menjadi juara 1,2 ataupun 3 aku bersyukur ternyata band cewek dimana aku juga ikut serta kami berhasil menjadi pemenang ke 2.
           Hari itu adalah benar-benar hari yang paling bahagia buat kami sob, kami senang bukan hanya sekedar karena hadiah semata tapi, kami sangat bahagia atas proses yang selama ini kami jalani. Ternyata apabila kita mengerjakan suatu pekerjaan dengan hati yang ikhlas dan senang hasilnya pun pasti akan memuaskan. Kami satu kelas bangga atas apa yang telah kami lakukan, ya... inilah kami para I.B.I ONE sang pemenang......!!!(haha berlagak sedikit sombong kekekalas lain).

KET GAMBAR : Inilah kami sob sebelum tampil kami foto-foto dulu....

0 komentar:

Posting Komentar